BBJT Latih Puluhan Siswa SMA/SMK Surabaya dan Sidoarjo Menulis Sastra

Portaltiga.com – Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Gerakan Literasi Nasional (GLN) berupa pelatihan menulis apresiasi karya sastra bagi siswa SMA/SMK dan komunitas baca-tulis Surabaya dan Sidoarjo.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, yaitu rapat koordinasi GLN di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim pada 19 Maret 2019. Juga Diseminasi GLN yang dilaksanakan di Deteksi Room Graha Pena pada 10 April 2019.

Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan GLN di ranah sekolah dan masyarakat. Maka Bimtek ini pesertanya adalah 50 siswa SMA/SMK yang ada di Surabaya dan Sidoarjo.

Sesuai tema, peserta dilatih menulis (proses kreatif) dan memahami (mengapresiasi) karya sastra berbentuk cerpen dan puisi. Diharapkan para siswa dan dan anggota komunitas, sebagai generasi muda pelaku literasi, ikut berperan aktif dalam mengembangkan budaya literasi. Hasil karya peserta dapat dimanfaatkan sebagai bahan bacaan di komunitas mereka.

Bimtek ini dilaksanakan di Kantor Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Saat membuka acara, Kepala Cabdin Pendidikan Provinsi Jatim Dr Sukaryantho M.Si berharap kepada siswa SMA/SMK dan anggota komunitas sebagai generasi muda agar mampu menjadi pemimpin bangsa yang memajukan perekonomian bangsa.

“Untuk mewujudkan hal itu, penguatan karakter melalui kegiatan-kegiatan literasi seperti baca tulis saat ini sangat dibutuhkan,” kata Sukaryantho.

Sedangkan sebagai pembicara kegiatan hari ini, Rabu (24/4/2019), adalah Endang Winarti (Wina Bojonegoro) yang melatih penulisan cerpen, dan Indra Tjahyadi yang melatih penulisan puisi. (din/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »