portaltiga.com
Headline Politika

Bawaslu Surabaya Diterpa Rumor Penggantian Ketua

Portaltiga.com – Rumor pergantian jabatan struktural Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya mencuat. Mencuatnya hal ini pasca Bawaslu Kota Surabaya melakukan sidang pleno pada tanggal 2 Agustus 2021 lalu.

Ketua Bawaslu Kota Surabaya Muhammad Agil Akbar saat dimintai keterangan membenarkan rumor yang saat ini beredar.

“Benar adanya (rotasi). Kami sudah melaksanakan (rapat) pleno,” ujar Agil saat ditemui di Kantor Bawaslu Surabaya, Kamis (5/8/2021) lalu.

Selain pembahasan rotasi ketua, rapat pleno yang dilaksanakan Senin (2/8/2021) kemarin, juga membahas rotasi untuk masing-masing komisioner.

“Iya, memang plenonya membahas seputar divisi,” terangnya.

mengutip dari bangsaonline.com, Koordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Surabaya Hidayat membenarkan adanya rotasi dan reposisi struktural di Bawaslu Surabaya.

“Iya mas ada reposisi dan rotasi divisi. Dalam pleno tersebut Pak Usman ditunjuk sebagai ketua merangkap divisi hukum data informasi (HDI), Lilies Pratiwi divisi SDM, divisi penanganan pelanggaran (PP) Muhammad Agil, penyelesaian sengketa (PS) tetap pak Hadi Margo, dan saya juga tetap divisi yang sama,” tandasnya ketika dihubungi melalui seluler.

Pembahasan pergantian Ketua Bawaslu Surabaya bisa saja gagal jika mengingat kembali perkataan Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Pada kesempatan itu, Abhan mengatakan, tidak ada pergantian posisi ketua Bawaslu daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota.

“Kami sudah sepakat di (rapat) pleno, bahwa tidak ada pergantian ketua di kabupaten/kota maupun provinsi sepanjang tidak ada persetujuan dari Bawaslu (pusat),” tegas Abhan dilansir dari Bawaslu.go.id saat berada di Surabaya, Senin (26/08/2019) silam. (tea/tea)

Related posts

Pelantikan PAW Anggota Bawaslu Surabaya Tuai Kontroversi

admin

Gara-gara Deklarasi Cawali, Eri Cahyadi Akan Dipanggil Bawaslu Surabaya

admin

Rotasi Ketua Bawaslu Surabaya, Gara-Gara Lilies?

admin