portaltiga.com
Headline Umum

Baru Dibuka, Pendaftar Kartu Prakerja Di Jatim Sudah 180 Ribu

Portaltiga.com – Pendaftaran kartu pra kerja yang telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo direspon positif masyarakat Jawa Timur. Dari kuota 500 ribu yang disediakan untuk wilayah Jawa Timur, sebanyak 180 ribu orang telah mendaftarkan diri.

Ketua komisi D DPRD kota Surabaya Khusnul Khotimah menjelaskan, hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jawa Timur, Himawan Bagijo saat melakukan teleconfrence di ruang komisi D, Senin (13/4/2020).

“Disnaker Jatim nantinya akan menyediakan 56 outlet untuk masyarakat di Jawa Timur bagi yang gaptek (gagap teknologi) dan bagi yang terkena dampak Covid-19,” katanya.

Politisi asal fraksi PDI Perjuangan ini membeberkan, sedangkan untuk di wilayah Surabaya sendiri Disnaker kota Surabaya telah menyiapkan fasilitas 8 komputer untuk masyarakat yang gagap teknologi.

“Nanti disana akan ada pendampingnya dari Disnaker kota Surabaya, dimana nanti akan membantu untuk mengentrikan data ke laman www.prakerja.go.id,” bebernya.

Khusnul menambahkan, selain itu akibat Covid-19 dari 12 ribu perusahaan yang ada di kota Surabaya baru 8 perusahaan yang melaporkan ke Disnaker terkait tentang adanya PHK atau karyawan yang dirumahkan. Serta ada yang melaporkan sendiri sebanyak 74 orang.

“Jadi totalnya berjumlah enam ratus delapan puluh lima (685) orang itu dari delapan perusahaan yang dilaporkan dan digabung dengan yang melaporkan sendiri,” imbuhnya. (tea/tea)