Barista, Pilihan Pekerjaan Part Time Anak Kampus

Portaltiga.com – Pasti beberapa dari anda pernah terfikir untuk menjadi barista suatu coffee shop. Iya memang bagi sebagian anak muda yang doyan ngopi, profesi ini menjadi incaran. Manjadi barista atau peracik dan penyaji kopi ternyata tidak gampang ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilalui.

Seperti Andi salah seorang barista di coffee shop terkenal di salah satu tempat perbelanjaan di tengah kota Surabaya. Awalnya ia memilih menjadi barista karena pertama ia memang suka kopi dan bayangannya pekerjaan menjadi barista itu pasti banyak tantangannya. Proses belajar menjadi barista ia awali saat ia kuliah dan menginjak semester 3, saat itu dia mencoba melamar di salah satu coffee shop di daerah Arif Rahman Hakim. Di situ dia belajar berbagai jenis kopi, alat-alat, dan cara penyajian.

“Saya dulu belajar menjadi barista saat semester 3 mas, waktu itu saya memberanikan diri untuk belajar dengan bekerja part time di salah satu coffee shop di daerah Arif Rahman Hakim. Proses belajar saya 1 tahun lebih, tentunya awal kita melewati masa training. Setelah itu baru pendalaman dan di sinilah yang paling menantang dimana kita saling sharing sesama barista baik yang senior sampai newbie seperti saya hehehe,” jelas Andi saat bertemu di coffee shop tempat dia bekerja, Rabu (23/1/2018).

Seiring berkembangnya waktu barista adalah pekerjaan part time yang popular di kalangan anak kampus menurut Andi. Bagaimana tidak semakin banyaknya coffee shop di Surabaya dan berkembangnya seni meracik kopi menjadi pemicu anak-anak kuliahan untuk memilih profesi Barista.

“Sekarang kalau saya amati profesi barista menjadi popular dan menjadi pilihan anak-anak kampus untuk dijadikan pekerjaan paruh waktu karena banyaknya coffee shop di Surabaya dan berkembangnya seni meracik kopi. Selain itu alary dyang ditawarkan di beberapa coffee shop cukup lumayan,” tambah Andi. (doy/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION