Bantu Gus Ipul-Puti, Dua Relawan Lelang Lukisan Karya Affandi

Portaltiga.com – Banyak cara relawan pasangan nomor 2 Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno ikut membantu pemenangan pasangan yang didukung PKB, PDIP, PKS, Gerindra dan Perindo itu di Pilkada Jatim 2018.

Jika ada relawan yang membantu mensosialisasikan program kerja Gus Ipul-Puti ke masyarakat. Relawan yang satu ini punya cara lain. Yakni, membantu dana kampanye Gus Ipul-Puti dengan cara melelang lukisan berharga karya pelukis ternama almarhum Affandi Koesoema.

Relawan itu adalah Singky Soewadji dan Saleh Ismalil Mukadar. Keduanya menggalang dana dengan cara melelang lukisan berharga karya pelukis ternama almarhum Affandi Koesoema di Hotel Grand, Surabaya pada Minggu (25/3/2018).

Menurut Singky, acara ini bakal menjadi pameran lukisan paling spektakuler di tahun 2018 karena disamping menggelar hasil karya 30 pelukis ternama, panitia juga bakal memamerkan sekaligus melelang dua lukisan karya sang maestro Affandi Koesoema.

“Sebenarnya, ini ide dari Bang Saleh Ismail Mukadar (kader senior PDIP) dengan tujuan menggalang dana untuk kampanye pasangan calon nomer dua (Gus Ipul-Puti),” katanya di Surabaya, Rabu (14/3/2018).

Sebelumnya, pria yang berprofesi sebagai pengusaha dan pecinta satwa asal Surabaya ini.mengaku menemui keluarga sang Maestro Affandi di Yogjakarta, untuk menyampaikan rencana pameran lukisan yang bakal digelar untuk penggalangan dana kampanye paslon Gus Ipul-Puti. Dia diterima langsung oleh Ibu Kartika Affandi.

“Yang paling menggembirakan, ternyata beliau merespons baik acara pameran ini. Hasil perbincangan kami selama tiga jam, ternyata beliau sekeluarga yakni istri anak dan cucu Affandi bersedia hadir langsung di lokasi pameran, yang nantinya juga disertai demo melukis oleh keluarga Affandi,” paparnya.

Rencananya, kedua relawan itu bakal menurunkan 10 lukisan keluarga dan dua di antaranya adalah karya sang maestro Affandi dalam pameran itu. Satu lukisan dibuat tahun 1974 dan lainnya pada tahun 1976, yakni lukisan dengan judul “Petarung Sejati” yang nilainya mencapai Rp 10 miliar. Satu lukisan lagi berjudul “Papua” yang nilainya sekitar Rp 25 miliar.

Anggota tim pemenangan pasangan calon Gus Ipul-Puti bidang Logistik dan Intelejen Shaleh Ismail Mukadar mengaku munculnya ide pameran lukisan untuk tujuan penggalangan dana kampanye karena melihat potensi budaya bangsa yang sangat kuat terutama di bidang seni lukis.

“Besarnya sebuah bangsa tergantung kekuatan budayanya, maka hal-hal yang seperti ini menyangkut karakter sebuah bangsa. Kami ini kaum nasionalis yang pecinta seni. Bung karno juga menyukai seni terutama seni lukis, maka harus bisa menghargai sekaligus menghidupkan para seniman lukis, karena hasil karyanya tak ternilai harganya,” jelasnya.

Politisi PDIP ini mengatakan bahwa seluruh hasil lelangnya akan disumbangkan seluruhnya kepada paslon Gus Ipul-Puti untuk dana kampanye. “Ini merupakan wujud keseriusan dukungan kami tidak lebih dan tidak mencari keuntungan, apalagi embel-embel lainnya,” tandasnya. (bmw/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION