Bank Sampah Anggrek Bulan, Mengubah Sampah Rumahan Bernilai Ekonomis

Portaltiga.com – Bank sampah Anggrek Bulan berdiri sejak 19 Juli 2017. Berlokasi di Perum japan asri blok Hh RT 007 RW 013 kelurahan Japan kecamatan Sooko, Mojokerto, Bank sampah ini menjadi tempat berkegiatan seperti menabung sampah, pembuatan kebun toga sehat segar, berdampingan dengan kegiatan Taman Baca Anggrek untuk bantuan bahan-bahan bekas di minggu kreatif.

Karin sebagai penggagas dan penggerak Bank Sampah Anggrek Bulan berbagi pengalaman kepada portaltiga.com tentang mendirikan dan mengelola bank sampah.

“Alhamdulilah awal mulanya saya memberanikan diri untuk mengajukan pendirian bank sampah dilingkup Dawis Anggrek 1 saya mendapat respon positif, setelah dibuka selama 1 Bulan ada permintaan dari warga untuk menerima sampah kering dari 1 RT dan akhirnya kami menerima diluar RT 07 bahkan sampai ke sekolah TK,” terang Karin, Senin (1/4/2018).

Untuk Bank Sampah ini sistem yang digunakan adalah sistem menabung untuk tiap orang yang menyetor sampahnya.

“Sistem yang kami gunakan adalah sisten menabung mas, tapi tabungan pribadi tidak perkelompok untuk memotivasi nasabah. Enam Bulan sekali baru bisa diambil kalo seandainya ada nasabah yang mau narik uangnya, boleh juga barter barang bekas antar nasabah,” tambah Karin.

Untuk pendistribusian sampah yang dipilah rata-rata dikirim ke pengepul melalui bank induk di Wilayah. Untuk botol-botol mineral mereka jual kepada tukang Jamu Tradisional.

Karin juga mengaku, belum ada kerjasama dan perhatian yang lebih dari kelurahan dan pemerintah daerahnya. Baru sebatas diajak pelatihan-pelatihan oleh pihak kelurahan.

Rencana kedepannya Bank Sampah Anggrek Bulan ingin membagikan pembibitan tanaman perdu seperti tomat, cabe, sayur-sayuran, kemudian menggalakkan kerajinan Handycraft yang diolah oleh ibu-ibu dengan membuat kerajinan dari barang-barang bekas. Sehingga sampah yang bermanfaat bisa diolah dan menghasilkan pemasukan tambahan bagi warga Perum Japan Asri. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION