Banjir Rendam Delapan Kecamatan Di Kabupaten Aceh Utara

Portaltiga.com – Delapan kecamatan di Kabupaten Aceh Utara terendam banjir akibat luapan air sejumlah sungai.

Delapan kecamatan itu yakni Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Tanah Luas, Paya Bakong, Lhoksukon, Langkahan, Syamtalira Aron dan Samudera. Paling parah digenangi air yaitu Matangkuli dan Pirak Timu.

Awalnya, banjir hanya merendam empat kecamatan, kemudian tambah dua kecamatan dan hari ini bertambah dua kecamatan lagi.

“Sejak kemarin ada enam kecamatan yang meluap. Namun, hari ini ada laporan tambahan dua kecamatan lagi. Ini belum menutup kemungkinan ada beberapa kecamatan lagi yang terendam. Kita tunggu rekap dari lapangan saja dulu,” kata Kepala BPBD Aceh Utara, Munawar, Kamis (4/1/2018).

Dia menyebutkan tim dari BPBD dan SAR Aceh Utara sedang di lapangan untuk terus memantau dan mengevakuasi warga yang terisolir ke tempat-tempat yang lebih aman.

“Kita sudah kerahkan para petugas di sejumlah lokasi yang dianggap rawan. Semoga tidak hujan lagi di atas (pegunungan) kawasan Bener Meriah sehingga air tidak meluap dan naik lagi,” sebut Munawar.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras mengakibatkan Krueng (Sungai) Kereuto meluap dan menerjang puluhan desa di empat kecamatan di Aceh Utara, Aceh. Ratusan warga mulai mengungsi di menasah (surau) di desa masing-masing. (dtc/tea)

JOIN THE DISCUSSION