portaltiga.com
Intermezzo

Awas Jatim Rawan Bencana, Gus Ipul : Kami Sudah Petakan Daerahnya

Wagub Jatim Saifullah Yusuf

 

Portaltiga.com: Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf memberikan peringatan kepada masyarakat untuk mewaspadai beberapa daerah di Jatim yang mengalami rawan bencana diantaranya banjir, tanah longsor, puting beliung hingga gunung meletus. Terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

“Saya minta seluruh pihak, terutama pemerintah daerah setempat tidak lengah dan waspada terhadap apa yang akan terjadi. Karena Jatim merupakan daerah rawan bencana,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Minggu (3/1).

Dijelaskan, pemerintahannya sudah memetakan daerah-daerah rawan sebagai bentuk antisipasi segala bentuk bencana. Dengan demikian, diharapkan sudah siap dengan segala kemungkinan terburuk.

“Kami tidak berharap ada bencana di Jatim. Tapin kalau memang ada maka segalanya harus siap dan jangan sampai ada korban,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Menurutnya, ada bencana yang bisa diprediksi sehingga harus dilakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi. Aparat dan pemerintah daerah harus tahu apa yang dilakukannya.

Misalkan, di daerah aliran sungai Bengawan Solo dan permukiman di lereng gunung berapi. Disana sudah dilakukan simulasi dan berbagai koordinasi dengan pihak terkait.

“Harapan kami, kalau situasinya darurat maka masyarakat sudah tahu apa yang dilakukannya. Ini telah kami pikirkan, tapi semoga tidak sampai terjadi bencana,” tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur untuk kondisi Gunung Bromo pada Sabtu (2/1) pukul 06.00-12.00 WIB, cuaca terpantau cerah-mendung dan angin tenang yang suhu berkisar 14-17 derajat celcius.

Sedangkan, kondisi gunung berkabut, asap kelabu kecoklatan tebal dengan tekanan sedang hingga kuat dengan ketinggian 1.200 meter dari puncak atau 3.529 meter di atas permukaan laut ke utara sampai barat laut, serta kondisi tremor amax mencapai 3-22 mm dan dominan 5 mm. (Bmw)