Atlet, Pelatih dan Wasit Berprestasi Jatim Dapat Penghargaan Haornas 2019

Portaltiga.com – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Provinsi Jatim tahun 2019 yang diselenggarakan di lapangan Pendopo Ronggosukowati Kabupaten Pamekasan, Senin (16/9/2019) berjalan penuh semarak

Dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah yang juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 5 kabupaten/kota peduli olahraga. Kabupaten/kota tersebut yakni Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Gresik.

Selain itu juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada atlet berprestasi. Diantaranya, Ilyas Rachman Ryandhani dari Kota Malang (Atlet Berprestasi Peraih Emas Bulutangkas Peparpenas, Emas Asian Pasific Deaf 2018, dan Emas World Deaf Championship 2019), Ayu Fitrian dari Kota Kediri (Atlet Berprestasi Peraih Emas Asian School Games, Pemecah Rekor Nasional 2019 Cabang Atletik), Jevon Lionel Koeswoyo dari Kota Surabaya (Atlet Berprestasi Peraih Medali Emas Kelas Tajijian dan Perak Kelas Tajiquan 7th World Junior Wushu Championship di Brazil), Muhammad Ashfiya dari Kabupaten Sidoarjo (Atlet Berprestasi Peraih Medali Perak Asian Games Tahun 2018 Cabang Bola Voli Pantai), Adinda Larasati Dewi Kirana dari Kabupaten Sidoarjo (Atlet Berprestasi Peraih Enam Medali Emas Festival Aqualing Internasional Asian School Games 2017 dan Medali Perunggu Sea Games 2017 Cabang Renang).

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan bagi pelatih dan wasit berpestasi. Untuk pelatih berprestasi penghargaan diserahkan kepada Drs. Rahkman sebagai Pelatih Gulat dari Kota Malang dan Sherlie Hoediono Pelatih Wushu dari Kota Surabaya. Penghargaan untuk wasit berprestasi diberikan kepada Agung Purwanto dari Kabupaten Magetan, wasit dari cabang voli indoor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jatim Supratomo mengatakan, peringatan Haornas 2019 tingkat Jatim bertema Ayo Olahraga Dimana Saja Kapan Saja itu dilaksanakan di Kabupaten Pamekasan karena sebagai wujud apresiasi atas prestasi dan semangat Pemkab Pamekasan dan masyarakat dalam menggerakkan olahraga. “Ini menjadi inspirasi untuk masyarakat Madura,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2019, Kabupaten Pamekasan memperoleh medali tertinggi se-Madura. Juga Pamekasan memiliki indeks pembangunan manusia atau IPM tertinggi se-Madura.

Menurutnya, di bawah kepimpinan Gubernur Khofifah dan Wagub Jatim Emil Dardak telah banyak menghasilkan kebijakan publik khususnya di bidang olahraga. Antara lain pemberian beasiswa kepada atlet dan pelatih yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional berupa biaya SPP pendidikan sampai S3, membangkitkan kembali pekan olahraga desa. Selain itu juga perubahan sistem periodisasi penyelenggaraan event olahraga dari 4 tahun menjadi 2 tahun sekali seperti Porprov.(fey/fey)

JOIN THE DISCUSSION