Headline News

Asian Games 2018, Palembang Sudah Bukan Kota Pempek Lagi

03/11/2017
45 Views

Portaltiga.com – Pempek, siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) itu. Terbuat dari ikan dan tepung tapioka, pempek digemari banyak orang. Rasanya kenyal dan nikmat.

Semua masyarakat Palembang menyukai pempek. Tidak hanya masyarakat Palembang saja yang gemar pempek, tapi juga wisatawan lokal dan asing. Setiap kali berkunjung ke Palembang, mereka pasti membeli Pempek buat oleh-oleh.

Tak terkecuali di pesta olahraga Asia, yakni Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus-2 September. Pemprov Sumsel memanfaatkan gawe akbar yang melibatkan puluhan ribu orang itu untuk mempromosikan Pempek.

“Banyak manfaat yang didapat dari Asian Games ini. Tanpa Asian Games saja, perhari sampai terjual 7 ton Pempek,” kata Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumatera Selatan, Ahmad Najib saat menerima kunjungan Kelompok Kerja (Pokja) wartawan dan Humas dan Protokol Setdaprov Jatim di Kantor Pemprov Sumatera Selatan, Jumat (3/11/2017).

Menurutnya, masyarakat sangat diuntungkan selama Asian Games dihelat di Palembang. Pendapatan masyarakat meningkat drastis, karena barang dagangannya banyak dibeli para pendatang.

Asian Games tahun depan, sedikitnya 45 negara di Asia ikut berpartisipasi. Selain Palembang, multi even empat tahun sekali itu juga digelar di ibu kota DKI Jakarta. “Sekarang Palembang sudah bukan kota Pempek lagi, tapi South Asian Games 18,” cetusnya.

Palembang ditunjuk pemerintah menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta, karena dinilai sukses menggelar even internasional. Hingga akhir 2017, tercatat 19 even berskala nasional dan internasional.

“Selain itu, tak lepas dari faktor kerukunan dan zero konflik. Kalau tidak ada kerukunan maka tidak ada Asian Games di Palembang,” tegasnya didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim, Benny Sampirwanto. (bmw/abi)

Leave A Comment