portaltiga.com
Headline Umum

Antisipasi Libur Natal dan Tahun Baru, PT KA Daops 8 Siapkan 5 Kereta Tambahan

Portaltiga.com – Antisipasi lonjakan penumpang saat liburan sekolah mendatang yang berdekatan dengan libur Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Daops 8 siapkan lima kereta tambahan.

Manajer Humas PT KAI Daops 8 Suprapto mengatakan hal itu dilakukan karena pihaknya memprediksi akan ada lonjakan pemumpang sebanyak 4 persen.

“Data yang ada volume penumpang tahun lalu 749.700 orang. Tahun ini diprediksi tembus 778.198 orang, dan salah satunya peningkatan penumpang saat liburan sekolah Natal dan tahun baru mendatang,” ujarnya, Kamis (12/12/2019).

“Total tahun ini Daops 8 mengoperasikan 73 kereta api reguler dan lima kereta api tambahan. Sehingga tahun ini ada 78 perjalanan kereta api. Ini ada kenaikan dibandingkan 7 persen dibandingkan 2018 sebanyak 69 KA,” lanjutnya.

Kata Suprapto, lima kereta tambahan ini akan terjadi diperjalanan KA Gajayana Malang-Jakarta, KA Sembrani Jurusan Surabaya Pasar Turi- Gambir Jakarta, KA Sancaka jurusan Surabaya Gubeng-Yogyakarta, KA Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi-Pasar Senin Jakarta dan KA Matarmaja jurusan Malang Kota-Semarang-Pasar Senin Jakarta.

Untuk memberikan kenyamanan pada penumpang nantinya, pihaknya akan menambah tenaga pengamanan baik di kereta maupun di stasiun yang masuk wilayah Daops 8.

“Untuk keamanan selama di stasiun dan KA, kita kerahakan petugas sebanyak 500-an pengamanan baik dari petugas keamanan KA dan dibantu personil TNI Polri. Sedangkan untuk pengamanan sepanjang rel kereta kita sediakan 128 petugas untuk mengawasi kemananan lajur rel KA,” ungkapnya.

Pihak Daops 8 mempredikai lonjakan penumpang di saat libur sekolah disusul Natal dan Tahun baru akan terjadi di perjalanan menuju Surabaya ke arah Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta dan Semarang.

“Kalau di luar Surabaya yang masuk wilayah operasi Daops 8 diperkirakan lonjakan penumpang terjadi dari Stasiun Malang kearah Solo, Yogyakarta dan Jakarta,” jelasnya.

Untuk masa libur sekolah Natal dan Tahun Baru, pihak Daops 8 memeprediksi akan terjadi 18 hari mulai dari tanggal 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Diprediksi, lonjakan tinggi terjadi pada 22 dan 29 Desember 2019.

Daops 8 juga mempersilahkan masyarakat yang akan melakukan liburan dengan KA saat liburan nanti, tiket KA jarak jauh reguler dapat dibeli sejak 19 November 2019 atau H-30 keberangkatan. Tiket tersebut dapat dibeli di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lainnya.

“Sementara untuk KA Lokal, tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun,” pungkas Suprapto. (ars/abi)

Related posts

Gus Ipul: Malam Tahun Baru di Jatim Aman dan Kondusif

admin

Habiskan Akhir Tahun 2017 di Taman Kota atau Berburu Diskon?

admin

Truk Dilarang Melintas Jalan Nasional Sampai Besok

admin