Amankan UN, Polda Jatim Turunkan Cyber Crime

Portaltiga.com, SURABAYA – Kepolisian Daerah Jawa Timur – Polda Jatim akan menurunkan Tim Cyber Crime dalam proses pengawasan proses Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/ MA/ SMK sederajat yang akan dilaksanakan awal April nanti.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan, tim tersebut sengaja diturunkan, mengingat proses UN tidak hanya dilaksanakan secara konvensional atau berbasis kertas, namun saat ini sebagian besar berbasis CBP atau UN online.

“Kita juga men-stan by kan Unit Cyber Crima, artinya nanti kalau ada kecurangan kecurangan disitu, kita nanti menunggu laporan laporan dari sekolah, dan nanti kita akan menindak lanjuti,” jelasnya, Senin (28/3/2016).

Dikatakannya, semakin banyak modus modus kecurangan yang dilakukan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab, bukan untuk menggagalkan UN, namun berupaya meraup keuntungan dari peristiwa ini. Salah satunya adalah dengan jual beli kunci jawaban.

“Kadang kadang sekolahpun kepingin anaknya lulus semua. Nah ini kadang kadang membantu apa dan sebagainya. Kalau bisa kita secara transparan dan objektif,” tambahnya.

Kombes Pol Raden menjelaskan, masing masing sekolah akan mendapatkan pengawalan dan pengawasan dua personil Polri. Namun personil tersebut merupakan anggota dari Polsek atau Polres jajaran. Sedangkan Polda Jatim hanya bersifat memback up.

JOIN THE DISCUSSION