Akan Mudik Naik Pesawat? Perhatikan Hal Berikut

Portaltiga.com – Mudik dengan menggunakan pesawat terbang kini telah menjadi kebiasaan bagi sebagian pemudik yang akan pulang ke kampung halaman. Namun untuk melakukan mudik melalui jalur udara ini, diperlukan persiapan yang ekstra agar perjalanan menjadi aman dan tenang.

Berikut ini adalah persiapan yang dibutuhkan jika ingin mudik dengan menggunakan pesawat terbang

1. Berburu promo tiket

Transportasi pesawat begitu diminati pemudik. Harga tiketnya pun melonjak saat musim libur Lebaran ini. Agar tak kehabisan tiket dan mendapat harga yang lebih bersahabat, sebaiknya memang traveler mencari tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Namun kalau baru sempat membeli tiket mendekati tanggal keberangkatan mudik, carilah informasi promo dari maskapai, travel agent konvensional serta online travel agent. Masih ada banyak promo tiket yang bisa didapat. Setelah itu, segeralah booking tiket sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

2. Teliti saat packing

Sebaiknya packing paling tidak sehari sebelum keberangkatan. Buat check list barang apa saja yang harus dibawa, begitu pula jika ada oleh-oleh untuk keluarga. Untuk tas yang ditaruh di kabin, perkirakan beratnya jangan lebih dari batasan yang diberikan. Biasanya diperbolehkan hingga 7 kg.

Barang lainnya bisa disusun dalam koper dan diletakkan di bagasi pesawat. Untuk cairan yang lebih dari 100 ml seperti peralatan mandi, letakkan saja di bagasi. Bawalah barang secukupnya, yang benar-benar diperlukan saja dan manfaatkan bagasi gratis yang biasanya mencapai 20 kg.

3. Check in online

Kini sudah banyak maskapai yang menyediakan layanan check in online termasuk memilih nomor kursi pesawat, baik via website maupun aplikasi smartphone. Check in online tersedia mulai 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Hal ini tentunya lebih mempermudah traveler mudik naik pesawat.

4. Datang lebih awal

Jika belum sempat check in online, berarti traveler harus check in langsung di bandara. Datanglah paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan. Semakin cepat tiba di bandara semakin baik untuk menghindari ketinggalan pesawat. Saat momen libur lebaran bisa jadi antrean pemeriksaan sinar X di bandara dan check in lebih panjang daripada hari biasa.

5. Siapkan boarding pass dan KTP

Letakkan tiket, KTP serta boarding pass di tempat yang mudah dan cepat dijangkau selama di bandara. Karena dokumen tersebut perlu ditunjukkan beberapa kali sebelum masuk ke pesawat.

6. Perhatikan kapasitas powerbank

Beberapa bulan lalu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 015 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portabel (Powerbank) dan Baterai Lithium Cadangan pada Pesawat Udara.

Suarat Edaran tersebut mengacu pada kapasitas dan jumlah powerbank yang boleh dibawa ke dalam pesawat. Kapasitas powerbank yang dilarang adalah yang lebih dari 32.000 mAh. Penumpang masih diperbolehkan membawa hingga 20.000 mAh dengan jumlah maksimal 20 unit.

Sementara powerbank yang memiliki kapasitas antara 20.000 mAh hingga 32.000 mAh masih diperbolehkan untuk dibawa namun atas seizin pihak maskapai penerbangan. Itu pun jumlahnya dibatasi hanya 2 unit.7. Lakukan hal ini agar tak bosan

Perjalanan selama beberapa jam di pesawat tak jarang bikin bosan. Untuk mengurangi kebosanan, traveler bisa memaksimalkan in flight entertainment yang tersedia, baik itu nonton film, main game atau mendengarkan lagu.

Tapi kalau naik pesawat tanpa layanan in flight entertainment, traveler bisa membawa pemutar musik sendiri, membaca buku atau memotret pemandangan dari jendela. Selain semua cara tersebut, ada satu lagi yang jadi pilihan banyak traveler, yaitu tidur.

Penerbangan yang panjang bakalan tak terasa, apalagi kalau bisa tidur pulas. Biar tidur lebih nyaman, bawalah bantal leher. Kalau ada headset atau earphone pakai saja untuk mengurangi suara berisik di pesawat. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION