AHY: Saya Memang Muda, So What?

Portaltiga.com – Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berorasi dengan tema ‘Muda Adalah Kekuatan’. di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018). Dalam pidatonya, ia menyinggung kemampuan kaum muda yang mampu berpartisipasi dalam politik dan memberikan sumbangsihnya bagi bangsa.

“Ada sebagian kalangan yang mengatakan saya terlalu muda melakukan sesuatu. Ya, saya memang muda, so what?” kata AHY di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

AHY menjelaskan, usia muda bukan menjadi penghalang untuk menjadi salah satu sosok pemimpin. Muda menurut PBB, kata AHY, adalah mereka yang berusia 15-40 tahun. Menurut ASEAN, muda itu usia 15-35 tahun.

“Di Indonesia, sesuai undang-undangnya, anak muda itu berusia 16-30 tahun. By definiton it self, muda diidentikkan dengan umur,” ucap AHY.

Putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan dirinya saat ini bisa dibilang sudah tidak muda lagi. Terlebih, suami Annisa Pohan itu akan berulang tahun yang ke-40 pekan depan.

“Saya minggu depan 10 Agustus berulang tahun, tentu merasa senang, terhormat kalau dibilang anak muda, walaupun muka tidak terlalu muda lagi,” pungkas AHY.

Selain itu, AHY bicara soal tren pemimpin muda di dunia. Menurutnya, para pemimpin muda diharapkan membawa perubahan.

“(Ada) tren pemimpin muda di dunia, termasuk Indonesia,” ujarnya.

“Diharapkan membawa perubahan, pembaruan, kemajuan. Saya ingin terus tanamkan optimisme di hari sanubari anak muda Indonesia agar aman, damai, maju mendunia,” sambung AHY.

AHY pun menjelaskan sejumlah impiannya. Antara lain soal kuliner Indonesia yang bisa mendunia.

“Kita akan bangga jika orang bule bisa menikmati masakan padang di New York, gado-gado di London, apa lagi… ayam taliwang di Tokyo. Mohon maaf, masih photoshop. Mudah-mudahan ini jadi norma dan kebanggaan kita,” pungkas AHY. (doi/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION