portaltiga.com
Olah Raga

Agum Gumelar: Sulit Indonesia Kejar Juara Umum SEA Games Malaysia

Portaltiga.com – Ambisi kontingen Merah Putih untuk meraih juara umum SEA Games 2017 di Malaysia, tampaknya akan sulit terwujud. Hingga hari Rabu (23/8/2017), posisi Indonesia masih terpaku di peringkat lima.

Kondisi sulit ini, membuat pesimistis sejumlah tokoh olahraga nasional. Salah satunya adalah mantan Ketua Umum KONI Pusat, Agum Gumelar. “Peluang merebut juara umum sangat sulit,” ujarnya ketika ditemui di Gedung Grahadi, Surabaya, Rabu (23/8/2017).

Perolehan medali emas Indonesia di awal pelaksanaan SEA Games Malaysia, jauh dari harapan. Usai meraih dua emas sebelum SEA Games dibuka, kontingen merah putih tak mampu lagi berpesta emas lagi.

Lima hari setelah SEA Games dibuka, posisi Indonesia tak beranjak dari peringkat lima besar. Terpaut jauh dengan tuan rumah Malaysia. Tak hanya Indonesia, perolehan medali Malaysia belum terkejar kontingen negara lain.

Hingga pukul 17.00 WIB, tuan rumah berada di urutan teratas klasemen SEA Games 2017 dengan 45 emas, 35 perak, dan 24 perunggu. Menyusul di posisi kedua, Vietnam dengan 22 emas, 13 perak dan 20 perunggu.

Singapura yang digeser Vietnam dan turun ke peringkat tiga mendapat 21 emas, 21 perak, dan 19 perunggu. Di urutan empat Thailand dengan 15 emas, 22 perak dan 28 perunggu.

Sementara Indonesia terpaku di urutan kelima dengan 13 emas, 16 perak, dan 24 perunggu. Seretnya perolehan medali emas Indonesia ini, tak lepas dari kegagalan atlet andalannya yang gagal memenuhi target.

Dalam situasi dan kondisi sekarang ini, Agum berharap posisi Indonesia bisa naik dari ranking SEA Games sebelumnya di peringkat 5. “Paling tidak bisa naik ke urutan tiga atau empat. Kita harus kerja keras jika ingin menjadi juara umum,” ucapnya. (bmw/abi)

Related posts

Mantan Atlet Nasional Prihatin Indonesia Terpuruk di SEA Games 2017

admin

2 Atlet Trenggalek Ukir Prestasi SEA Games 2017 Malaysia

admin