Ada Manusia Purba di House Of Sampoerna

Portaltiga.com – Jika ingin melihat nenek moyang Jawa dan evolusinya, mampir saja ke House Of Sampoerna Jl Taman Sampoerna 6 Surabaya. Di sini sedang ada pameran museum tentang manusia purba terutama di Jawa, bekerja sama dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran.

Pameran yang menampilkan kerangka manusia purba asal Sangiran Ngawi beserta artefaknya House Of Sampoerna(HOS) membuka museum “mini” bertema Evolusi Kita mulai dari tanggal 24 Oktober sampai 29 November 2018.

“Di sini akan dipamerkan 14 koleksi fosil dan 8 artefak dari homo erectus Sangiran yang telah dikenal di dunia dan diakui Unesco sebagai warisan dunia pada tahun 1996,” jelas Rani Anggraini, manager House of Sampoerna pada Selasa (30/10/2018).

Terletak dilantai 2 berdekatan langsung dengan etalase para pekerja pembuatan linting rokok Dji Sam Soe. Museum manusia purba Sangiran ini terdapat fosil tengkorak mulai bervolume 850 cc sampai 1.630 cc.

Mereka ini hidup di Jawa pada 100.000 tahun lalu dan ada koleksi unik yaitu manusia kerdil purba atau lebih dikenal sebagai homo erectus florensiesis yang ditemukan di Flores pada tahun 2000. Ciri-cirinya tubuh kerdil cuma 1 m dan volume otak seperti anak kecil sebesar 380 cc.

Selain fosil juga dipamerkan artefak atau alat berburu yang terbuat dari batu sejenis kalsedon. Atau lebih disebut zaman batu Paleolithikum antara lain kapak perimbas atau alat penusuk dari tulang belulang binatang.

Pameran ini gratis dari pagi sampai sore, pengunjung bisa berpose dengan replika manusia purba. Cocok bagi edukasi anak-anak untuk belajar sejarah langsung karena bisa melihat detail kontruksi kerangka tengkorak manusia purba asal Jawa. (fey/abi)

JOIN THE DISCUSSION