portaltiga.com
Umum

Ada Dugaan Pelanggaran, Komisi C Soalkan Pembangunan SPBU Ir. Soekarno

Portaltiga.com – Komisi C DPRD Kota Surabaya memanggil perwakilan PT Alpha Kumala Wardhana (AKW) selaku pihak yang bertanggung jawab dalam pembangunan SPBU Pertamina di Jalan Ir. Soekarno.

Panggilan ini sebagai tindak lanjut dari Komisi C terkait adanya dugaan pelanggaran selama proses pembangunan berjalan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Baktiono mengatakan, panggilan ini merupakan hasil aduan masyarakat lantaran diduga  melakukan penebangan pohon di ruang terbuka hijau.

“Pembangunan SPBU yang sampai menebang pohon di tepi jalan, terus menutup seng di lahan yang menjadi kewenangan pemerintah,” jelasnya saat ditemui, Kamis (23/00/2021).

Namun dalam hearing yang dihadiri oleh dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya, dan tata ruang, serta bagian hukum Pemkot Surabaya ini diketahui bahwa lokasi pemotongan pohon dan pemanfaatan lahan di daerah tersebut merupakan kewenangan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN).

“Semua kewenangan di Jalan Ir. Soekarno itu adalah kewenangan dari pemerintah pusat, dan diatur dalam Permen PU nomor 10 tahun 2020,” ungkapnya.

Namun Komisi C masih meragukan terkait permasalahan perijinan yang dalam pertemuan tidak dapat dihadirkan oleh PT AKW. Oleh karenanya Komisi C berencana melakukan sidak langsung ke lokasi untuk memastikan pihak PT AKW tidak melanggar perijinan.

“Kita tinjau langsung ke lapangan tentang kebenaran tersebut, karena dari pihak pengusaha¬† masih belum menunjukkan perijinan-perijinan yang tadi diakui (PT AKW),” pungkasnya. (tea/tea)

Related posts

Komisi C DPRD Surabaya Sidak Keberadaan Tower Semolowaru

admin

Warga Wadul Dewan Setelah Uang Menghilang

admin

Gelar Hearing Soal Apartemen Gunawangsa, Komisi C Pertanyakan Soal Perijinan

admin