portaltiga.com
Umum

8 Sekolah Penerbangan Terancam Tutup Karena Tak Memenuhi Standar

Portaltiga.com – Sebanyak 8 sekolah penerbangan terancam ditutup oleh Kementrian Perhubungan setelah proses audit sejak akhir tahun lalu.

“Hasil audit tahun lalu itu ada 8 flying school (sekolah penerbangan) kita ingatkan untuk compliance (melakukan pemenuhan) 8 Februari 2018,” kata Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan Muzaffar Ismail di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, pihaknya tidak ingin sekolah penerbangan asal didirikan tapi tidak memiliki kualitas memadai.

“Saya tidak ingin ada pemikiran mereka punya hak dirikan sekolah semaunya kayak sekolah biasa. Enggak bisa. Sebagai regulator kita harus atur karena keselamatan jadi suatu hal yang penting bagi kami,” ujarnya di tempat yang sama.

Menurutnya memang perlu dilakukan eliminasi terhadap sekolah penerbangan yang dianggap tidak memenuhi standar.

“Kalau kebanyakan, ada eleminasi. Saya minta (sekolah penerbangan) dalam jumlah yang memadai tapi qualified, jadi memadai. Saya sampaikan ini kan bukan cari duit saja, ini kan sekolah, harus cari idealisme. Tidak salah kita cari uang tapi idealisme tetep harus ada,” sambungnya.

Adapun 8 sekolah penerbangan yang telah disurati itu tidak serta merta bakal begitu saja dieliminasi. Kementerian Perhubungan juga merekomendasikan agar mereka melakukan merger atau penggabungan.

“Sekolah ini lakukan merger supaya mereka miliki kualifikasi, baik pesawat, pendidikan lebih baik dan output-nya lebih mumpuni, ya saya minta itu dilakukan,” ungkapnya. (dtc/tea)

Related posts

Ikut Tes Pilot, 5 Lulusan BP3B Minta Restu Risma

admin

PT DI Dan Lapan Siapkan Pesawat N219 Agar Diproduksi Massal Tahun Depan

admin

Pencarian Pesawat MH370 Akan Dilanjutkan, Malaysia Gandeng Perusahaan Pencarian Bawah Laut Amerika

admin