530 Pebulutangkis Ikuti Audisi Umum Djarum Beasiwa di Surabaya

Portaltiga.com – Bakti Olahraga Djarum Foundation membuka kesempatan emas bagi pebulutangkis muda Jawa Timur untuk menunjukkan potensi terbaiknya dan berkompetisi meraih Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017. Audensi umum ini digelar di GOR Sudirman, Surabaya, 5-7 Agustus mendatang.

“Kita berharap antusiasme masyarakat akan kembali memuncak dalam audisi umum tahun ini di Surabaya, sehingga akan terlihat bakat-bakat potensial yang mampu menjadi penerus prestasi bulutangkis Indonesia di masa depan,” kata pencari bakat PB Djarum, Fung Permadi kepada wartawan di GOR Sudirman, Surabaya, Jumat (4/8).

Pemilihan lokasi audisi umum di Kota Surabaya dinilai cukup strategis. Mengingat, Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya adalah kantong-kantong potensial dalam menghasilkan pebulutangkis yang berkualitas dan memiliki tradisi penghasil juara dunia.

Sejumlah pebulutangkis dari Surabaya yang pernah mengharumkan bangsa Indonesia di forum internasional, yaitu Rudy Hartono (juara All England 8 kali) dan Alan Budikusuma (peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

“Jadi, Jatim memiliki banyak kota dan kabupaten yang potensi pebulutangkisnya selalu tinggi. Kita harapkan bakat-bakat regional ini akan muncul dan menunjukkan kemampuannya bersaing dengan atlet-atlet muda dari daerah lainnya,” jelasnya.

Audisi umum di Surabaya kali ini diikuti sekitar 530 pebulutangkis pemula. Dari jumlah tersebut, 400 pebulutangkis diantaranya dari Jatim. Sisanya dari Kalimantan Tengah (Kalteng), Jawa Tengah (Jateng), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Maluku. “Di luar Jatim, NTB yang paling banyak 10 orang,” tegasnya.

Dari audisi umum ini, akan diambil 6 pebulutangkis dari masing-masing kelompok umur (KU) 11 dan 13. Terdiri dari 4 putra yang lolos ke semifinal dan 2 putri yang lolos ke babak final. Mereka akan lolos ke grand final di Kudus.

Selain itu, tim pencari bakat juga akan memantau beberapa pemain memiliki bakat potensial, namun kalah di babak pendahuluan. ‘Kita menambah jumlahnya dari super tiket ini. Hanya jumlahnya tergantung dalam pemantauan nanti,” jelasnya.

Pada penyelenggaraan yang sama tahun lalu, sebanyak 28 pebulutangkis berhak mendapat Djarum bea siswa bulutangkis dari 4 ribu peserta yang mengikuti audisi umum se Indonesia. Tahun ini, selain Surabaya, audisi juga digelar di Pekanbaru, Banjarmasin, Manado, Cirebon, Solo, Purwokerto dan Kudus. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION