5 Maskot Ikonik Porprov 2019 Diluncurkan, Khofifah Berharap Dongkrak UKM Jatim

Portaltiga.com – Telah resmi maskot yang diluncurkan yakni Si Beki untuk Jatim, Si Lilo (Lamongan), Si Lawe (Tuban), Si Giro (Gresik) dan Si Meli (Bojonegoro). Peluncuran maskot dan logo Pekan Olahraga Provinsi Porprov Jatim ke-6 tahun 2019 di gedung Negara Grahadi pada Rabu(26/6/2019). Peluncuran tersebut dilakukan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama empat bupati yang menjadi tuan rumah Porprov pada 6 -13 Juli mendatang.

Launching logo dan mascot Porprov VI/2019 ini sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya sepanjang sejarah penyelenggaraan Porprov, peluncuran ini dihadiri dan dilakukan langsung oleh gubernur Jatim.

Untuk logo Porprov sebenarnya tidak terlalu beda dengan logo Porprov sebelumnya, lambang gapura khas provinsi Jatim dan obor api melambangkan bagaimana kobaran semangat para atlet untuk mengejar prestasi setinggi-tingginya.

“Seperti di negara lain yang memiliki ikon setiap acara, kita Juga ingin memperkenalkan maskot ini juga seperti itu. Salah satunya dengan mensosialisasikan maskot-maskot ini bukan hanya dijual di venue tetapi juga kita turunkan di car free day untuk mempromosikan maskot porprov,” ucap Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Ditambahkan Khofifah bahwa pelaksanaan Porprov VI/ 2019 diharapkan juga mampu mendongkrak sektor Usaha Kecil Menengah di masing-masing kabupaten tuan rumah. Terutama merchandise Porprov VI, apakah itu replika maskot, kaos, dan juga barang-barang lainnya.

Menurut Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan, seluruh persiapan menuju Porprov telah mendekati final. Ia menyatakan Porprov tahun ini akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

“Porprov sudah siap dilaksanakan di empat kabupaten. Ini lah Porprov terbesar yang selalu Jawa Timur laksanakan dibandingkan dengan provinsi lain,” ujar Erlangga yang mengatakan bahwa tema porprov kali ini adalah Jawa Timur menembus dunia.

Erlangga mengklaim Jatim menjadi satu-satunya provinsi yang menjalankan Porprov dengan fokus mencari bibit-bibit unggul. Karena itu, ia menegaskan Porprov tidak mengizinkan atlet yang sudah terjun di even nasional dan internasional tampil di Porprov ke 6 ini. (fey/fey)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION