portaltiga.com
Intermezzo

436 Eks Pengikut Gafatar Dipulangkan ke Daerah Asal

SURABAYA (portaltiga.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim mengambil langkah cepat. Untuk menghindari penumpukan pengungsi eks pengikut Gafatar di asrama Transito, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, Pemprov Jatim memulangkan 436 orang ke daerah asal.

Dengan demikian, hingga hari keempat sejak kedatangan eks anggota Gafatar (Sabtu, 23/1) dari Kalimantan Barat (Kalbar), jumlah eks anggota Gafatar yang masih tinggal di asrama Transito sebanyak 436 orang. Total jumlah eks anggota Gafatar dari Jatim sendiri sebanyak 730 orang.

“Sampai pukul 14.00 Wib, kita sudah memulangkan 436 orang. Atau 60 persen dari 730 orang eks anggota Gafatar yang ada di asrama Transito,” kata Asisten 3 Bidang Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Jatim, Shofwan kepada wartawan, Selasa (26/1).

Melihat kelancaran pemulangan 436 eks anggota Gafatar tersebut, Shofwan optimis bisa memulangkan seluruh eks anggota Gafatar ke daerah asalnya. Maksimal, semuanya dapat dipulangkan Rabu atau Kamis,  karena itu pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Memang baru 60 persen yang telah dijemput atau dipulangkan. Tapi, kami menargetkan semua harus sudah pulang besok atau lusa,” ungkapnya. (Bng)