360 Pemanah Berlaga di Kejurda Junior Panahan Jatim 2017

Portaltiga.com – Sebanyak 20 daerah mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Junior Panahan 2017 di lapangan Panahan KONI Jatim, 4-8 Oktober. Sejak Kamis lalu, mereka berlaga di nomor Recurve, Compound dan Nasional.

Kejurda ini digelar sebagai persiapan menghadapi Kejurnas 2017 di Aceh, 30 Oktober-8 Nopember mendatang. “Juara 1 dan 2 akan dipersiapkan menghadapi kejurnas di Aceh,” kata Ketua Umum Penprov Perpani Jatim, Denny Trisyanto kepada wartawan di sela kejurda panahan.

Secara keseluruhan kejurda panahan tahun ini diikuti 360 pemanah dari 20 daerah. Yaitu, Kota Surabaya, Blitar, Malang, Kediri, Kabupaten Malang, Bojonegoro, Banyuwangi, Tuban, Sidoarjo, Gresik, Kab Blitar, Pasuruan, Probolinggo, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Ponorogo dam Situbondo.

Menariknya, dalam kejurda ini dipertandingkan nomor baru, yakni kelompok usia (KU) 21 tahun. Tambahan KU-21 ini untuk memilih pemanah potensial yang akan dipersiapkan menghadapi PON 2021 di Papua.

“Khusus KU-21 ini sebagai program jangka panjang. Pada PON Papua nanti, ada ketentuan usia atlet panahan dibatasi 25 tahun. Jadi, kita perlu antisipasi sejak dini, termasuk jika terjadi perubahan nomor,” ujarnya.

Terlepas dari itu, pelatih nasional ini bangga dengan pembinaan yang dilakukan daerah-daerah. Sehingga, Jatim memiliki banyak bibit untuk menggantikan Rio Ega dkk yang kelak sudah pensiun dari atlet.

“Bahkan, kita punya dua hingga tiga lapis. Seperti Dimas Islami. Prestasinya juga bagus-bagus,” jelas suami dari mantan pemanah nasional Lilies Handayani ini. (bmw/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION