Masjid As-Sakinah Balai Pemuda Difungsikan Oktober 2018

Portaltiga.com – Masjid As-Sakinah di kawasan Balai Pemuda dan bersebelahan langsung dengan gedung DPRD Surabaya diperkirakan sudah bisa difungsikan Oktober 2018.

Kabid Pembangunan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Kota Surabaya, Imam Krestian mengatakan progres pengerjaan masjid As-Sakinah tiga lantai saat ini telah mencapai 80 persen.

“Kami perkirakan selesai pada akhir Oktober mendatang dan bisa langsung dimanfaatkan untuk keperluan ibadah bagi masyarakat umum,” ujarnya, Minggu (9/9/2018).

Menurut dia, Pemerintah Kota Surabaya menganggarkan pembangunan masjid As-Sakinah yang merupakan satu paket dengan pembangunan gedung baru DPRD Surabaya senilai Rp58 miliar.

Pembangunan gedung baru DPRD Surabaya sebanyak tujuh lantai, lanjut dia, saat ini pengerjaan fisiknya sudah mencapai 50 persen. Ia memperkirakan pada akhir 2018, pembangunan gedung dewan sudah mencapai empat lantai.

“Sedang tiga lantainya lagi akan selesai awal 2019 berikut intetiornya,” katanya.

Nantinya, lanjut dia, dalam gedung dewan yang baru ini akan digunakan sebagai ruang komisi dan juga ruang fraksi. Sementara untuk gedung lama akan difungsikan sebagai gedung Sekretariat DPRD Surabaya.

“Dan juga untuk keperluan lainnya seperti rapat-rapat,” ujarnya.

Saat ini, kata Imam, pihaknya saat ini melanjutkan proyek pembangunan parkir dan juga plasa terbuka di area Balai Pemuda untuk menghidupkan perekonomian Kota Surabaya.

Diketahui pembongkaran masjid As-Sakinah yang lama untuk dibangun yang baru pada pertengahan 2017 sempat diprotes sejumlah elemen masyarakat seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhamamdiyah, Ansor dan lainnya.

Hal ini dikarenakan persoalan pembangunan masjid As-Sakinah yang baru dinilai telah berubah fungsi karena menyatu dengan gedung DPRD Surabaya yang baru.

Namun setelah mendapat protes dari kalangan elemen masyarakat, akhirnya Pemerintah Kota Surabaya mengubah desain pembangunan masjid yang terpisah dengan gedung DPRD Surabaya. (ant/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION